Senin, 11 April 2011

Revitalisasi Posyandu

Tujuan Umum.
Meningkatkannya fungsi dan kinerja Posyandu agar dapat memenuhi kebutuhan tumbuh kembang anak sejak dalam kandungan,dan agar status gizi maupun derajat kesehatan ibu dan anak dapat dipertahankan dan atau ditingkatkan.

Tujuan Khusus.
  1. Meningkatkan kualitas kemampuan dan ketrampilan kader Posyandu.
  2. Meningkatkan pengelolaan dalam pelayanan Posyandu.
  3. Meningkatkan pemenuhan kelengkapan sarana, alat, dan obat di Posyandu.
  4. Meningkatkan kemitraan dan pemberdayaan masyarakat untuk kesinambungan kegiatan Posyandu.
  5. Meningkatkan fungsi pendampingan dan kualitas pembinaan Posyandu.
Sasaran.
Sasaran kegiatan Revitalisasi Posyandu ini pada dasarnya meliputi seluruh Posyandu dengan prioritas utama pada Posyandu Pratama dan Madya sesuai dengan kebutuhan.


Strategi 
Strategi yang perlu ditempuh dalam rangka mencapai tujuan Revitalisasi Posyandu, adalah :
  • Meningkatkan kemampuan pengetahuan dan ketrampilan teknis, serta dedikasi kader di Posyandu.
  • Memperlua system Posyandu dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan di hari buka dan kunjungan rumah.
  • Menciptakan iklim kondusif untuk pelayanan dengan pemenuhan sarana dan prasarana kerja Posyandu.
  • Meningkatkan peran serta masyarakat dan kemitraan dalam penyelenggaran dan pembiayaan kegiatan Posyandu.
  • Menyediakan system pilihan jenis dalam pelayanan (paket minimal dan tambahan) sesuai perkembangan kebutuhan masyarakat.
  • Menggunakan azas kecukupan dan urgensi dalam penetapan sasaran pelayanan dengan perhatian khusus pada Baduta untuk mencapai cakupan keseluruhan.
  • Memperkuat dukungan pembinaan dan pendampingan tehnis dari tenaga professional dan tokoh masyarakat, termasuk unsure LSM.
    Komponen Kegiatan
    1. Pelatihan Pelatih dan Pelatihan Kader.
    2. Meningkatkan jangkauan pelayanan melalui kegiatan pelayanan pada hari buka Posyandu dan kunjungan rumah.
    3. Meningkatkan peran serta masyarakat dan membangun Kemitraan
    4. Pelayanan Menggunakan Sistem Kafetaria (Pilihan Jenis Layanan)
    5. Memberikan Perhatian Khusus Pada Kelompok sasaran Berdasar Azas Kecukupan (terutama pada Baduta).
    6. Memperkuat Dukungan Pendampingan Dan Pembinaan Oleh Tenaga Profesional dan Tokoh Masyarakat.

Indikator Kemajuan Revitalisasi Posyandu

Kemajuan kegiatan Revitalisasi Posyandu dapat diukur dari aspek input/asupan, proses, luaran (output), dan dampak (out come) sebagai berikut :

A. Indikator Input :
  • Jumlah Posyandu yang telah lengkap sarana dan obat-obatnya.
  • Jumlah kader yang telah dilatih dan aktif bekerja.
  • Jumlah kader yang mendapat akses untuk meningkatkan ekonominya.
  • Adanya dukungan pembiayaan dari masyarakat setempat, pemerintah dan lembaga donor untuk kegiatan Posyandu.
B. Indikator Proses :
  • Meningkatnya frekuensi pelatihan kader Posyandu.
  • Meningkatnya frekuensi pendampingan dan pembinaan Posyandu.
  • Meningkatnya jenis pelayanan yang dapat diberikan.
  • Meningkatnya partisipasi masyarakat untuk Posyandu.
  • Menguatnya kapasitas pemantauan pertumbuhan anak.

C. Indikator Luaran :
  • Meningkatkan cakupan bayi dan balita yang dilayani.
  • Pencapaian cakupan seluruh balita.
  • Meningkatnya cakupan ibu hamil dan ibu menyusui yang dilayani.
  • Meningkatnya cakupan kasus yang dipantau dalam kunjungan rumah.

D. Indikator dampak (Outcome) :

  • Meningkatnya status gizi balita.
  • Berkurangnya jumlah anak yang berat badannya tidak cukup naik.
  • Berkurangnya prevalensi penyakit anak (cacingan , diare, ISPA).
  • Berkurangnya prevalensi anemia ibu hamil dan ibu menyusui.
  • Mantapnya pola pemeliharaan anak secara baik di tingkat keluarga.
  • Mantapnya kesinambungan Posyandu.


    Related Posts by Categories



    Widget by Hoctro | Jack Book

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Selamat Datang di Kelas Ibu Hamil

    Tentang Kami

    Jl Mangkusari No.4 Kutosari, Kec. Kebumen, Kebumen, Jawa Tengah, INDONESIA

    Pengikut