Rabu, 16 Maret 2011

Konsultasi Kesehatan Online

Jika anda memiliki masalah kesehatan, penyakit dan pelayanan Puskesmas Kebumen III, segera sampaikan kepada kami melalui kolom Poskan Komentar di bawah posting . Rubrik ini ditangani oleh:
  • dr. Arif Budi Santoso, S.Psi (Masalah Penyakit dan Gangguan Kejiwaan)
  • drg. Mira Maria Mirza (Masalah Gigi dan Kesehatan Mulut)
  • Endah Minarni, A.Md.Keb (Kebidanan dan KIA)
  • Siti Sutaryatun (Pemeriksaan Lab)
  • Hj. Pratiwi Handayani, A.Md Kep. (Penyakit Menular dan KLB)
  • Rindiawati, AMG (Masalah Gizi)
  • Dani Fitriadi, AMd (Kesehatan Lingkungan dan Kualitas Air Minum)
  • Cokro Aminoto, SIP, M.Kes (Manajemen Puskesmas)
  • Sudarman, A.Md (Kepegawaian)

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

7 komentar:

  1. Ass… Untuk Dokter yang terhormat, Dok saya mau tanya…. Tentang Penyakit Liver. Apakah Sama Penyakit Liver dengan Hepatitis…? Sebesar mana bahaya dari penyakit tersebut? Terima kasih dokter…????

    BalasHapus
  2. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas pertanyaan yang diajukan. Hepatitis merupakan penyakit peradangan yang menyerang organ liver atau hati. Sedangkan penyakit yang dapat menyerang liver bukan peradangan saja, bisa juga terjadi infeksi, gangguan fungsi hati karena zat-zat kimia, akibat penyakit lain sampai tumor. Pada orang awam, penyakit liver diidentikkan dengan penyakit kuning, karena memang gejala khas dari terganggunya fungsi liver adalah munculnya kekuningan terutama pada mata atau telapak tangan. Namun, terganggunya fungsi liver yang mengakibatkan munculnya tanda kekuningan tersebut tidak selalu diakibatkan oleh adanya proses peradangan atau infeksi pada liver. Tanda kekuningan tersebut terkadang juga bisa muncul ketika kondisi tubuh sedang tidak fit atau kecapekan. Gejala lain dari penyakit liver berupa mual, muntah, perut terasa sebah, disertai atau diawali dengan adanya demam, perut kanan atas terasa keras atau sakit. Gangguan fungsi liver dapat diketahui dengan pemeriksaan laboratorium, berupa pemeriksaan SGOT/SGPT. Jika SGOT/SGPT meningkat, hal itu menandakan terjadinya gangguan fungsi pada liver. Pemeriksaan lebih lanjut adalah dengan pemeriksaan serologi untuk mengetahui ada/tidaknya infeksi pada liver dan jenis virus yang menyerang liver. Dikenal ada jenis Hepatitis A, B, C,D, dan E. Hepatitis A dan E penularan terjadi melalui fecal/oral, artinya menular lewat makanan yang terkontaminasi, sehingga mewabah (menyerang banyak orang pada satu lingkungan). Sedang yang lainnya penularan terjadi melalui darah atau cairan (misal hubungan seksual). Penanganan awal dari adanya gangguan fungsi liver yang utama adalah istirahat dan obat-obatan hepatoprotektor. Penanganan lanjutan tergantung dari penyebabnya. Demikian jawaban awal yang dapat saya sampaikan. Wallahu a'lam. dr Arif Budi Santoso, S.Psi.

    BalasHapus
  3. Ass... Untuk Dokter yang terhormat, saya mau tanya... beberapa hari yang lalu saya opname karena Tipes. Pada Tes darah saya tertera juga SGOT 20 dan SGPT 23. Namun beberapa hari setelah itu saya tes darah lagi hasilnya HBeAg positif (1,544) dan anti HBe negatif. Pertanyaannya,itu maksudnya apa?? kalau itu saya biarkan, efeknya apa Dok bagi kesehatan saya? Demikian pertanyaan saya, sebelumnya trimakasih atas jawaban yang diberikan.

    BalasHapus
  4. untuk dr. Arif,bisakah ditayangkan materi tentang penyuluhan kesehatan jiwa?terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  5. Dear dokter, selamat sore... saya mau bertanya mengenai kondisi saya. Saya berumur 17 tahun, saya mau tanya mengapa jika saya tidur di tempat yang "adem", dan jika siklus tidur saya dibawah 8 jam, ketika bangun saya akan panas dingin, tapi saya pegang dahi saya, normal tidak panas. Ada apa ya dokter? apa gejala penyakit tertentu apa hanya kurang tidur saja? terima kasih

    BalasHapus
  6. Selamat pagi,..saya mau nanya apa di Puskesmas Kebumen ini bisa melakukan tes sperma ya..?

    terima kasih

    BalasHapus
  7. Slmt sore dokter...saya mau nanya penyakit hernia apa bisa sembuh tanpa operasi? Kalopun operasi berapa kira-biayanya.trmksh

    BalasHapus

Selamat Datang di Kelas Ibu Hamil

Tentang Kami

Jl Mangkusari No.4 Kutosari, Kec. Kebumen, Kebumen, Jawa Tengah, INDONESIA

Pengikut