Selasa, 08 Maret 2011

Pesan 2 PUGS: Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi

      SETIAP orang dianjurkan makan makanan yang cukup mengandung energi, agar dapat hidup dan melaksanakan kegiatan sehari-hari, seperti bekerja, belajar, berolah raga, berekreasi, kegiatan sosial, dan kegiatan yang lain. Kebutuhan energi dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat, protein dan lemak. Kecukupan masukan energi bagi seseorang ditandai oleh berat badan yang normal.

      Cara mengetahui berat badan normal, seseorang dapat menggunakan Kartu Menuju Sehat (KMS) untuk anak balita, anak usia sekolah, dan kelompok usia lanjut. Bagi orang dewasa di luar golongan tersebut di atas, digunakan Indeks Massa Tubuh (IMT).



      Konsumsi energi yang melebihi kecukupan dapat mengakibatkan kenaikan berat badan. Energi yang berlebih disimpan sebagai cadangan di dalam tubuh berbentuk lemak atau jaringan lain.Apabila keadaan ini berlanjut akan menyebabkan kegemukan, yang biasanya disertai berbagai gangguan kesehatan. Antara lain tekanan darah tinggi, penyakit jantung, penyakit kencing manis dll.Tetapi apabila konsumsi energi kurang, maka cadangan energi dalam tubuh yang berada dalam jaringan otot/lemak akan digunakan untuk menutupi kekurangan tersebut. Apabila hal ini berlanjut, maka dapat menurunkan daya kerja , prestasi belajar dan kreativitas. Kemudian diikuti oleh menurunnya produktivitas kerja, merosotnya prestasi belajar dan prestasi olah raga.

      Konsumsi gula sebaiknya dibatasi sampai 5% dari jumlah kecukupan energi atau sekitar 3-4 sendok makan setiap hari. Konsumsi gula yang berlebihan akan menyebabkan konsumsi energi yang berlebih dan disimpan dalam jaringan tubuh/lemak. Apabila hal ini berlangsung lama dapat mengakibatkan kegemukan. Kekurangan energi yang berlangsung lama pada seseorang akan mengakibatkan penurunan berat badan dan kekurangan zat gizi lain. Penurunan berat badan yang berlanjut akan menyebabkan keadaan gizi kurang. Keadaan gizi kurang akan membawa akibat terhambatnya proses tumbuh kembang pada anak. Dampaknya pada saat ia mencapai usia dewasa, tinggi badannya tidak mencapai ukuran normal dan kurang tangguh. Selain itu, ia mudah terkena penyakit infeksi. Apabila energi yang diperoleh dari makanan sumber karbohidrat kompleks melebihi 60%, maka kebutuhan protein, vitamin dan mineral sulit dipenuhi. Contoh : Seorang yang telanjur kenyang makan ubi rebus, tak berusaha lagi mengonsumsi lauk pauk, sayur dan buah. Kecukupan gizi yang dianjurkan rata-rata per orang perhari dapat dilihat pada tabel .

CONTOH MENU SEHARI
Energi 2150 kilokalori

Contoh 1:                                                      

Pagi:
Nasi : 1 gls nasi
Sambel goreng kering daging : 1 ptg sedang
Setup buncis + wortel : 1/2 gelas
The manis : 1 gls
(gula 1 sdm)

Siang:
Nasi : 1 gls nasi
Ikan goreng : 1 ptg sedang
Sambel goreng tahu : 1 ptg sedang
Sayur asam : 3/4 gls
Pepaya : 1 ptg sedang

Sore:
Nasi : 1 gls nasi
Telur bumbu rujak : 1 btr sedang
Tempe goreng : 1 ptg sedang
Sup sayuran : 3/4 gls
Pisang : 1 bh sedang

Selingan pukul 16.00
Bubur kacang hijau : 1 mangkok

Contoh 2:

Pagi:
Roti : 2 prg nasi
Telur mata sapi : 1 btr sedang
Setup buncis + wortel : 1/2 gelas
Teh manis : 1 gelas
(gula 1 sdm)

Siang:
Nasi : 1 gls nasi
Pepes Ikan : 1 ptg sedang
Sambel goreng tahu : 1 ptg sedang
Sayur asam : 3/4 gls
Pepaya : 1 ptg sedang

Sore:
Nasi : 1 gls nasi
Daging bumbu bali : 1 ptg sedang
Tempe goreng : 1 ptg sedang
Sup sayuran : 3/4 gls
Pisang : 1 bh sedang

Selingan pukul 16.00
Kolak pisang : 1 mangkok

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Kelas Ibu Hamil

Tentang Kami

Jl Mangkusari No.4 Kutosari, Kec. Kebumen, Kebumen, Jawa Tengah, INDONESIA

Pengikut