Selasa, 22 Februari 2011

Mengenal Posyandu Lansia "Peduli Sehat" Desa Karangsari

Posyandu Lansia "Peduli Sehat" desa Karangsari berdiri sejak 22 desember 2004. Didirikan atas prakarsa masyarakat desa Karangsari, terutama di lingkungan RW 2 dukuh Kewangen, di bawah kepemimpinan RW bapak Soenardi BSc. Pelaksanaan kegiatan 1 x sebulan yaitu pada hari sabtu minggu ketiga, bertempat di rumah salah seorang warga dukuh kewangen yang kebetulan seorang pensiunan.


Kegiatan Posyandu Lansia "Peduli Sehat"
Adapun kegiatan - kegiatan rutinnya:
  1. Penyuluhan tentang: kesehatan, batra, gizi, olah raga lansia, pengenalan penyakit - penyakit pada lansia, terutama degeneratif beserta tindakan antisipasi, 
  2. Siraman rokhani, 
  3. Pemeriksaan kesehatan dan pengobatan / pusling
  4. Pemeriksaan laboratorium sederhana, 
  5. Olah raga lansia, dan pemberian makanan kudapan bagi lansia.. 

Pendanaan
Sumber dana kegiatan Posyandu diperoleh dari: donatur relawan tetap dan tidak tetap, swadaya masyarakat RW, iuran sukarela dari pengunjung lansia, dan PKK desa.Meskipun posyandu lansia milik warga RW II / kewangen desa karangsari, namun pengunjung tidak hanya dari RW setempat, tapi ada dari RW 3, RW 5, RW 1, dan bahkan dari luar desa, diantaranya desa jemur yang berjarak sekitar 2 - 3 km dari lokasi.

Jumlah kunjungan
Pengunjung posyandu lansia " Peduli Sehat" desa Karangsari tidak tetap, berkisar antara 25 - 70 orang.   Rasa memiliki dari warga setempat membuat posyandu tersebut tetap berjalan meskipun belum sesuai harapan dan keinginan warga, seperti ada dokter yang memeriksa di posyandu. Selama ini kegiatan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh seoarang paramedis dan bidan pembina wilayah desa karang sari, di bantu oleh kader - kader kesehatan lansia.Meski demikian segenap pengurus / kader tetap berinovasi demi kamajuan posyandu dan mencari relawan dokter untuk bergabung. Ada beberapa rencana kegiatan yang hingga kini belum terlaksana, diantaranya: jalan sehat lansia, mengundang psikolog untuk kepentingan konseling bagi lansia, dan wisata tadabur alam bagi lansia.

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Kelas Ibu Hamil

Arsip Blog

Tentang Kami

Jl Mangkusari No.4 Kutosari, Kec. Kebumen, Kebumen, Jawa Tengah, INDONESIA

Pengikut